Friday, December 13, 2013

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

Si jabang bayi sudah lebih dari 6 bulan di perut Mama? Tentu menyenangkan sekali ketika merasakan gerakannya yang pertama kali. Mama harus semakin sering memeriksakan di buah hati ke dokter kandungan ya.. agar selalu terpantau perkembangan dan kesehatannya.

Tidak lupa juga, selain menjaga kesehatan dan memonitor keadaan bayi, Mama juga sudah harus menyiapkan apa-apa saja yang harus sudah tersedia ketika si kecil hadir nanti. Perencanaan perlengkapan bayi baru lahir ini cukup penting, agar Mama dan keluarga tidak kelabakan saat setelah persalinan dan pulang kembali ke rumah.

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

Pertanyaan yang harus ditanyakan adalah: Perlengkapan bayi apa yang harus dibeli? Kapan perlengkapan bayi tersebut harus dibeli? Kapan barang-barang kebutuhan bayi tersebut diperlukan?

Checklist Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Disiapkan

Berdasarkan berbagai pengalaman yang dialami oleh Mama-Mama lainnya, kali ini Mama bisa melihat daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli saat kandungan Mama memasuki trimester ketiga. Daftar perlengkapan bayi ini bisa dipergunakan sebagai checklist persiapan kelahiran bayi.
Baju bayi Baju lengan pendek dan baju lengan panjang bisa digunakan sesuai kondisi. Pada saat baru lahir, disarankan bayi menggunakan jumper. Cek bahan dan model baju, pastikan terbuat dari bahan yang tidak panas serta nyaman. Baju yang bergambar bordir yang jahitannya menembus hingga ke dalam, kemungkinan akan mengurangi kenyamanan. Mama harus mengutamakan kenyamanan, lalu model pakaian.
Celana bayi Celana pendek umumnya lebih sering dibutuhkan, namun menyiapkan celana panjang juga wajib disiapkan. Pilihlah karet celana bayi yang tidak terlalu kencang.
Sarung tangan bayi
Kaos kaki bayi
Popok / diaper
Topi bayi
Botol susu Pilihlah botol susu plastik dengan bahan BPA free
Sikat botol
Alat Sterilisasi Botol Susu Bisa digantikan dengan cara manual menggunakan panci
Alat Penghangat Botol Susu Bisa digantikan dengan cara manual menggunakan mangkok berisi air panas
Baby wipes Tissue basah khusus bayi
Sabun bayi
Shampoo bayi
Body lotion bayi
Krim diaper
Tempat Mandi Bayi
Selimut bayi
Handuk bayi
Kain Bedong
Gunting Kuku Bayi
Kain lap (washlap)
Plester dan kain kasa untuk Pusar
Minyak Telon/Baby Oil
Perlak
Ranjang Bayi Bila diperlukan, serta perlengkapannya yaitu kasur bayi dan sprei
Bantal Bayi
Mama bisa mencetak daftar perlengkapan bayi di atas agar bisa langsung dicek, mana lagi perlengkapan bayi yang harus disiapkan. Di samping setiap item, bisa Mama tambahkan kuantitas barang yang diperlukan, sehingga tidak perlu menghitung-hitung ulang atau mereka-reka pada saat berbelanja.

0 comments:

Post a Comment

Mari berbagi pengalaman atau pendapat Mama soal ini, ya ..